Sabtu, 15 Juli 2006

Tips Menghemat Kapasitas dan Bandwidth WebHosting

Sumber : http://www.dream-hosting.co.ukJika kita melakukan hosting terhadap situs kita, maka biasanya kita akan mengenal dua pembatasan. Yang pertama adalah berapa besar data yang bisa kita taruh di hosting kita, dan yang kedua adalah berapa banyak transfer data dari server webhosting ke pengguna internet yang sering disebut bandwidth. Pada webhosting, biasanya kapasitas hosting berbanding lurus dengan besar bandwidth yang disediakan dalam tiap bulan, misalnya 5MB/0.5MB, artinya file yang bisa anda taruh di hosting dibatasi sebesar 5MB dan besar data transfer dalam tiap bulan maksimal 0.5 MB.


Jika kita berkatung tebal, mungkin tak jadi masalah. Namun bagi kita yang berkantung tipis, yang hanya mampu menyewa hosting dengan kapasitas 10MB/1MB sampai 25MB/1.5MB, saya rasa anda harus pintar-pintar berhemat. Sebenarnya, inti penghematan adalah dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas gratis di internet dan mengintegrasikannya dengan situs kita untuk bertahan menghadapi pengunjung situs.

Pertama, tidak menaruh gambar pada space webhosting kita. Di internet, gambar pada sebuah dokumen tidak harus berada satu tempat dengan letak dokumen, tetapi bisa dimana saja asal kita bisa memanggilnya dengan sebuah alamatnya (URL).


Untungnya, ada banyak tempat yang bisa kita jadikan untuk menampung gambar kita. Potobhucket adalah tempat yang menjadi favorit para blogger untuk menaruh gambar-gambarnya. Namun belakangan imageshack kelihatannya menjadi tempat favorit lain karena untuk memasukkan gambar kita tidak perlu login, dan besar gambar yang dimasukkan juga tidak dibatasi. Tempat lain yang bisa kita gunakan adalah flickr, dan bisa juga geocities. Namun daya tampung di geocities hanyalah 15MB saja. Cara ini akan menghemat banyak space dan bandwidth.


Saat ini saya paling sering menggunakan imageshack untuk menampung gambar-gambar saya. Selain gambar dokumen, jika kita ingin lebih berhemat lagi, sebenarnya kita bisa juga menaruh gambar desain kita pada tempat yang telah saya sebutkan diatas.


Kedua, tidak menaruh file pada space web hosting kita. Jika harus ada file yang harus didownload, taruh saja di free webhosting seperti geocities atau tripod. Cara ini akan menghemat banyak space dan bandwidth.


Ketiga, menaruh file javascript, CSS, di hosting seperti geocities. Mungkin ini tidak ada efeknya pada penghematan kapasitas hosting, namun ada pengaruhnya pada penghematan bandwidth.


Keempat, alihkan feed anda pada feedburner. Feed adalah bagian website yang isinya XML untuk sindikasi. Bagian ini sering menjadi makanan para agregator seperti newsgator, fruitX, bloglines, dan rss reader lainnya. Jika kita memanfaatkan feedburner, maka yang termakan adalah bandwidth feedburner. Jika anda pemakai wordpress, anda bisa menggunakan plugin untuk meredirect alamat feed kita ke feedburner. Cara ini akan banyak menghemat bandwidth.


Kelima, jika kita ingin mengagregasi situs lain di tempat kita seperti agregator di situs ini, anda bisa memanfaatkan newsgator. Jika anda view source, maka anda bisa melihat bahwa isinya hanyalah sebaris javascript yang melakukan koneksi ke newsgator, jadi bandwidthnya ditanggung newsgator. Cara ini akan menghemat bandwidth.


Keenam, manfaatkan space email dari google. Email yang menyatu dengan webhosting kita amat menyita space dan bandwidth. Karena saat ini google menyediakan fasilitas hosting email gratis 2GB dengan menggunakan domain kita, maka kita akan sangat berhemat space dan bandwidth dengan menggunakan fasilitas ini.


Ketujuh, memanfaatkan fasilitas gratis lainnya, seperti google analitycs untuk statistik, oggix untuk shoutbox, del.icio.us untuk bookmark, dan flickr untuk album. Lebih hemat lagi jika anda menggunakan hosting wordpress he.. he..., ah kalau ini sudah bukan penghematan lagi, tapi gratisan. Cara ini akan menghemat space dan bandwidth.


Cara penghematan seperti yang saya utarakan diatas seratus persen memanfaatkan layanan gratis di internet. Oleh sebab itu, anda harus memperhatikan apakah layanan ini cukup terpercaya atau tidak. Karena penggunaan sistem hosting yang terdistribusi seperti ini bisa menjadi masalah jika penyedia layanan menutup layanannya. Oleh sebab itu carilah tempat yang bisa anda percaya. Kalau saya biasanya mempercayakan diri pada :
1. Semua fasilitas yang dikelola oleh Google, Yahoo dan MSN.
2. Layanan lain yang sudah tersohor di internet (subyektif banget :)).


Anda punya pendapat ?

8 komentar:

  1. saya sudah emnduga jika kamu pasti memakai semacam plugin yg melarikan feed ke feedburner, cuma feed komenmu juga ikut lari ke feed entries. ini pasti terkait htaccess *sok tehu, cuba diperiksa dengan seksama...
    btw, sayapun sebelum makai plugin yg mirip:
    http://orderedlist.com/articles/wordpress-feedburner-plugin/
    cuma karena htaccess di mwn memang agak oon, ya akhirnya saya copot lagi :)

    BalasHapus
  2. mas....terimakasih sangat bermanfaat semoga di balas budi baik mas edi oleh Allah SWT...amin

    BalasHapus
  3. [...] Alhamdulillah, setelah sebelumnya sempat mentok dengan penjadwalan kerja menggunakan cron yang entah kenapa mogok menunaikan tugasnya, akhirnya planetplanet dapat diimplementasi dan berjalan dengan baik menjadi bagian dari blog ini. Saya membuat 2 versi, satu untuk mengaggregasi blog kawan-kawan yang saya link di menu sebelah kanan dan satu lagi untuk mengaggregasi beberapa layanan lain berbasis RSS yang saya gunakan. Apa yang saya lakukan ini pastinya agak berlawanan dengan nasihat cak Edy untuk menghemat bandwith webhosting, ya selama masih ada kesempatan dicobain saja, nanti kalau sudah kepepet ya dicopot lagi. Dibanding aggregator lain yang saya tahu, prinsip kerja planetplanet nampaknya lebih sederhana. Dia akan baca RSS, menuliskan hasilnya dalam sebuah halaman statis sesuai file templat yang kita sertakan dan meletakkan hasilnya pada direktori yang kita kehendaki, semuanya diatur dalam sebuah file konfigurasi. [...]

    BalasHapus
  4. imageshack di perusahaan sy yg lama di block cak, jadi ngga bisa liat gambar yg merujuk kesana, makanya saya lebih suka photobucket utk naruh gambar :)

    pinter2 nyari layanan gratisan... ;)

    BalasHapus
  5. Cuma masalahnya kalau tiba2 di tutup layanannya jadai kacau semuanya...

    BalasHapus
  6. thanks ya om untuk infonya...

    BalasHapus
  7. Iya, masalah bandwith menurut saya 'agak' lebih penting dibanding kapasitas hosting. Contohnya disitus saya dlm 3 hari saja menghabiskan hampir 300 Mb (saya hampir stress mikirinnya). Di hosting lama kena banned gara2 masalah ini. Mau paid hosting yg ngasih benwit gede harganya mahal..

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)