Selasa, 04 Juli 2006

Suka Duka Mengelola Content di Internet

KabelMengelola content di internet gampang-gampang susah. Banyak pilihan, yang masing-masing mempunyai sisi baik dan buruk, kemudahan dan kesulitan. Saya ingin berbicara ringkas tentang hal ini, karena hanya mempunyai waktu 10 menit menjelang keberangkatan ke kantor.


Webhosting


Saya berulangkali berpindah-pindah hosting, dan rasanya memang tidak ada tempat host yang sempurna. Ada yang servernya gampang down, customer support yang susah dihubungi, dan yang paling pahit, pernah kehilangan data. Kelas apapun hosting yang pernah saya coba, kelihatannya tidak menjamin data kita aman. Kalau anda memilih layanan hosting dalam negeri, ada baiknya anda bertanya tentang backup. Adakah fasilitas backup nya ? Kalau ada mahal sedikit tidak mengapa, kalau tidak, kita harus rajin-rajin membackup data tiap satu sampai dua bulan.

Sebenarnya saya lebih percaya pada hosting Yahoo, Saya tidak terlalu ragu, jika Yahoo yang mengelolanya, karena selama ini, dari pengalaman memanfaatkan fasilitas Yahoo, saya belum mengalami peristiwa tidak bisa diakses. Namun kendalanya adalah mahalnya biaya, dan tentu saja saya tidak mempunyai kartu kredit.


Terkadang layanan hosting blog gratis seperti blogsome, wordpress, blogdrive dan blogger lebih stabil daripada layanan hosting berbayar, namun susahnya disana tidak ada jaminan keberlangsungannya. Seperti modblog yang sekarang menghentikan layanannya. Dalam beberapa kasus kita terkadang sulit untuk melakukan backup data sendiri via layanan hosting blog gratisan itu, dan pembataan-pembatasan yang dilakukan layanan hosting blog juga menjadi bagian yang harus dipertimbangkan.


Untuk hosting gratisan, seperti yang bertebaran di internet, mending jangan menggunakan, bisanya mereka akan manis di muka saja. Pertama-tama anda akan diiming-imingi space besar dan no banner, namun selanjutnya anda akan dijejali banner yang tidak masuk akal besarnya. Dan pernah kejadian data hilang dengan sendirinya (pengalaman dari brinkster).


Gambar


Gambar adalah bagian website yang pengelolaannya paling meribetkan. Ukurannya yang cukup besar membuat kita kesulitan untuk membackupnya. Apalagi kalau seperti Om Kere yang setiap postingnya selalu tak melupakan gambar.


Jika layanan hosting tidak terlalu baik, dan kita ingin pindah tempat maka proses pemindahan file dan gambar adalah bagian yang paling "ampun-ampun". Apalagi kalau sudah lebih dari 100 MB. Alternatifnya, kita bisa menitipkannya pada Images Hosting seperti imageshack atau di photobhucket, sehingga jika kita pindah hosting tidak perlu lagi "mengotong-otong" gambar. Kelemahannya, kita tidak bisa memikmati situs kita secara offline. Namun yang paling mengkhawatirkan, bagaimana jika sewaktu-waktu layanan gratis itu tutup ?


Anda punya alternatif ?

8 komentar:

  1. nyewa serper sendiri aja Om :D

    BalasHapus
  2. Wah, jangan2 blog gratisanku yang di multiply suatu saat bayar :(

    BalasHapus
  3. hosting indonesia emang _sampah_, support MWN bener2 bikin keki tenan je.... *maaf kasar dan nyampah.

    BalasHapus
  4. #1 nyewa serper ? niat amat, kalau sampeyan punya server entar saya naik ke lantai atas untuk titip naruh script di serper sampeyan he.. he...

    #2 sebenarnya sy tertarik multiply karena stabil dan robush. Hanya saya belum tahu bagaimana cara backup datanya, atau jika terjadi perubahan kebijakan ya, tentu user tak kan bisa apa-apa. Tapi kalau multiply sejauh ini belum ada tanda-tanda nggak baik cak. Jadi tenang aja. Dan tentu berdoa mudah2 an segera dibeli yahoo atau google, sehingga fasilitas gratisan sampeyan lebih aman :). Sebenarnya saya suka multiply, namun karena komentatornya harus multiplier juga, akhirnya saya jadi tidak tertarik.

    #3 lha kalau mwn aja kayak gitu, terus bagaimana dg yg lain, padahal menurut saya MWN itu yang terbaik lho. Hosting di Yahoo katanya menghamburkan devisa, hosting di Indo nggak ada jaminan kualitas. Au ah, pusing.

    BalasHapus
  5. pak...kalo gt jd conten manager nasi udug saja. lebih stabil, tak perlu back up dan reliable serta dapat diakases tanpa harus koneksi dgn internet.

    Kenyang lagi

    BalasHapus
  6. kalau anda percaya kepada kekuatan kata yang anda tulis, maka tak perlu gambar. saya? sering tak percaya kepada kekuatan kata-kata yang saya lontarkan sehingga harus dibantu gambar :)

    BalasHapus
  7. Nunut komen sedikit.
    Aku juga banyak pengalaman dengan hosting gratisan. Sejak SMA memang aku sudah keranjingan dengan duniat internet. Waktu itu aku ingiin sekali buat web yang bagus dengan desain yang mengagumkan, tentu saja dengan biaya yang semurah-murahya. Jadinya aku coba aja dengan hosting gratisan saja. Dari banyak pengalaman tersebut satu yang sangat buruk menurut aku. Salah satu situs yang aku host di host gratisan adalah di www.95mb.com. Kini situs itu hanya berisi link-link ke dunia-dunia syur, dan tidak lupa subdomain dan hostingku yang sudah berisi banyak tulisan yang aku dapatkan dari stus itu hilang sudah.
    Akhirnya aku putuskan untuk beli saja, walaupun agak mahal. Untuk yang gratisan aku percaya untuk titip di Geocities-nya Yahoo untuk simpen-simpen file ala kadarnya.

    BalasHapus
  8. Seiring dengan kenaikan BBM Indonesia, maka kami memutuskan untuk MENURUNKAN harga dengan

    fasilitas yang tetap UNLIMITED! Gak mahal dan sangat cocok buat blog Indonesia dengan traffik

    tinggi.

    Domain Name :
    .com/.net/.org/.info/.biz/.name/.us = Rp.75.000/tahun
    Web Hosting Mulai:
    Space 25MB BW 2.5GB Rp 45.000 / tahun

    Server IIX Indonesia, cepat dan fasilitas lengkap serba UNLIMITED!

    Info Lengkap:
    YM!ID : AhliHosting
    Email : [email protected]
    Website: http://www.ahlihosting.com

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)