Senin, 17 Oktober 2005

Saya Sibuk

Ternyata bukan Sincan saja yang sibuk, atau pak Budi Rahardjo yang beberapa waktu lalu memposting tulisan tentang kesibukannya. Seminggu dua minggu yang lalu ternyata saya mengalami nasib yang sama, sehingga kalau anda mencermati tanggal posting kali ini, tenggat waktunya lebih lama.


Saya membuat sebuah aplikasi data berbasis web dan peta. Sebenarnya tugas saya hanyalah membuat GUI dan pengaturan data dengan menggunakan PHP. Tentang generator petanya adalah tugas teman saya. Saya hanyalah memberinya umpan data-data, dan bagian teman saya yang membuatkan gambar petanya. Dan setelah jadi baru saya mengambil petanya dan menampilkannya di web.


Sebenarnya desain sistem aplikasinya tidak tergolong rumit, tetapi beberapa item menghendaki kesederhanaan form. Dan sebenarnya form itulah masalahnya. Bukankan bagi seorang programmer, kesederhanaan bagi client itu kerumitan bagi programmer. Form harus mirip aplikasi, dimana sebuah elemen di dalam form harus bisa berhubungan dengan aplikasi. Dengan menggunakan cara itu, saya bisa membuat lebih dari 15 event dalam satu halaman saja, tanpa harus refresh. Karena tidak enak atas lamanya waktu (dua mingguan), juga karena deadline, saya terpaksa membawa laptop ke rumah, agar pekerjaan bisa saya kerjakan di rumah.


Akhirnya dengan berbekal taut yang diberikan cak Kusaeni di Blognya tentang AJAX, saya pun mulai belajar tentang konsep, dan mencoba beberapa framework AJAX - PHP.


Saya mencoba sajax. Tapi saya harus butuh banyak tenaga untuk menangani konversi array dari PHP ke JavaScript. Akhirnya saya memutuskan menggunakan Najax, sebuah framework ajax lain untuk PHP yang lebih powerfull.


Itu saja ternyata tidak cukup. Najax memerlukan pengetahuan yang cukup tentang javascript. Lantas saya belajar banyak tentang Javascript, karena selama ini javascript hanya saya gunakan sebagai authentikasi form saja.


Beruntung ketika googling, saya menemukan e-Book O'Reilly - Javascript - The Definitive Guide 4th Ed.chm. Lumayan untuk mencali daftar perintah di javascript. Tetapi, e-Book ini hanya seperti kamus saja, tidak cukup lengkap dengan contoh-contohnya. Akhirnya atas kebaikan mas Nur, seorang programmer aplikasi perbankan saya diberi sebuah e-book lain dalam bentuk PDF yang berjudul How_To_Do_Everything_With_JavaScript__MCGraw-Hill_.pdf. Nah, kalau yang kedua ini benar-benar e-book javascript.


Meski dua minggu terakhir cukup sibuk, tapi saya puas, karena saya dipaksa untuk belajar lebih banyak. Dan kompensasinya, tentu saya menjadi tahu lebih banyak. Meskipun ada yang menyedihkan, yaitu tilawah Quran saya yang kedodoran. Ya Allah mudah-mudahan saya bisa khatam di Ramadhan kali ini. Amiin.

10 komentar:

  1. wah wah benar - benar sibuk yah ?? aplikasi peta ? untuk BPS kah itu ?

    kesederhanaan bagi client susah bagi programmer, karena selama ini programer selalu berpikir sesuai jalan pikirannya sendiri, bukan jalan pikiran client, dan selama terus begitu. Dari sisi itu saya berani menjamin bahwa selamanya kerumitan itu akan terus berjalan.

    Seperti guru, mereka selalu berpikir dari sisi murid nya dalam mengajar. Dan orang seperti mereka lah yang kemudian melahirkan banyak makhluk berkualitas.

    Amien

    BalasHapus
  2. Tepuk tangan dan tepuk kaki untuk Pak Master :)

    BalasHapus
  3. hell yeah,

    kesederhanaan bagi client adalah neraka bagi developer

    BalasHapus
  4. semoga kesibukannya barokah...
    aaamiiin..

    BalasHapus
  5. belajar terus nih ye

    BalasHapus
  6. #1 Bukan BPS, tapi fungsinya mirip2. Untuk aplikasi manajemen data sebuah kabupaten :)

    BalasHapus
  7. hebat kak edy...

    BalasHapus
  8. Om! e-book yang da hubungannya ma AJAX boleh minta nggak? kirim ke email akoe ya! or kasih URLnya. Suwun banget sebelumnya! ^_^

    BalasHapus
  9. #7 apanya yg hebat, ilmu kayak gini dah pasaran dan banyak orang yg bisa. Kalau seperti nte yg ngambil energi dari sinar matahari barangkali lebih huebat lagi :)

    #8 Saya cuman punya e-Book yg ada hubungannya dg javascript kalau yg AJAX belum ada. SAJAX dan NAJAX yang pernah saya ceritakan kemarin aja bagi saya dokumentasinya masih minimalis. kapan-kapan kalau ada waktu buat tutorial NAJAX disini.

    BalasHapus
  10. like always..
    your kungfu is very good, master...
    ajari lho pak..

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)