Rabu, 25 Juli 2001

Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus : Merajut kembali tali silaturahmi

Berawal dari adanya penekanan-penekanan pemerintahan Orde Baru saat itu, ternyata membawa dampak positif di satu sisi. Para aktifis dakwah yang sangat dibatasi oleh rezim saat itu, ternyata telah diberi kekuatan Allah untuk membangun kreatifitas dakwah yang luar biasa hebatnya. Allah juga telah mengkaruniakan kepada mereka semangat yang tinggi dalam melakukan aktifitas dakwah yang penuh resiko ini. Hal ini ternyata telah mampu membentuk jiwa besar dan pengorbanan yang tiada tara, dibawah pengaruh bayang bayang penekanan-penekanan dari pemerintah, yang pada saat itu hanya memberikan peluang bagi umat Islam untuk berritual semata.

Tahun 80 sampai 90 an para aktifis dakwah telah memulai membangun pilar-pilar dakwah untuk terbangunnya Izzul Islam wal Muslimin, khususnya di Indonesia sebagai bagian dari komunitas kaum muslimin di dunia. Yang dilakukan adalah hal yang bagi saya sangat tepat sasaran. Membidik dunia kampus dan pendidikan.

Siapapun mengetahui bahwa kampus adalah pusat peradaban dan pusat pembangunan generasi terdidik bangsa yang akan meneruskan tongkat perjuangan bagi generasi sebelumnya. Terbangunnya kaum intelektual kampus dengan sibghah Islam merupakan sebuah kemenangan yang luar biasa, sebuah kontribusi yang amat sangat berharga bagi perkembangan dakwah selanjutnya.

Alhasil mulai disusunlah skenario dakwah kampus dengan logika yang sangat sederhana. Membangun kembali peradaban Islam, pemahaman dan aqidah Islam yang murni yang tidak terkontaminasi oleh pemahaman ideologi yang tidak mencerminkan kemurnian makna Laa illaaha ilallah. Dimulailah dengan membentuk pengajian-pengajian kecil, secara sembunyi-sembunyi, dengan materi seputar aqidah dan pemurnian makna Laa ilaaha Illaallah. Dengan membentuk para individu unngulan ini diharapkan akan dapat menjadi tumpuan bagi keluarga unngulan, yang kehidupannya mencerminkan sebuah keluarga dengan kemurnian aqidah. Dan dari situ diharapkan akan terbentuk sebuah masyarakat yang mempunyai karakteristik perilaku yang islami, masyarakat yang didalamnya berkumpul para penyeru agama Allah lewat semua jalur yang dimilikinya.

Perkumpulan pengajian yang ada dikampus-kampus ini kebanyakan termotivasi dengan adanya beberapa pergerakan yang menawarkan ide-ide pemurnian terhadap pemahaman Islam dengan kembali kepada Allah dan Rasulnya, dengan melaksanakan ajaran-ajaranNya serta sunah-sunnah rasulNya dalam setiap jengkal kehidupannya. Nama-nama dan pemikiran Jamaah Al Ikhwan Al Muslimun [Mesir], Jama'ah Hizbut Tahrir [Yordania], jamaah Al Haramain, dan Jema'at Al Islami [Pakistan] banyak mewarnai pemikiran Aktifis Dakwah Kampus saat itu. Ide-ide penegakan kembali persatuan Islam Internasional, Khilafah islamiah, merupakan ide-ide yang tidak pernah lepas dari kajian-kajian juga. Demikian pula penanaman sikap anti imperialisme dan barat dengan ghazwul fikrinya. Hingga dalam beberapa waktu terbentuklah sosok sosok yang tampil secara eklusif dengan pemahaman ke-islamannya. Para pemuda berjenggot dan para wanita dengan kerudung lebar telah mulai bersemi dalam kampus, yang kelak ternyata akan tumbuh dengan rimbunnya. Para mahasiswa denagn Al Qur'an kecil di saku bajunya ternyata menjadi fenomena yang lama kelamaan kian bertambah.

Dengan terbentuknya masjid-masjid di kampus serta dengan terbukanya ruang untuk dapat membentuk perkumpulan kajian di kampus, maka benih-benih dakwah kampus yang telah di bangun melalui kajian-kajian ini selanjutnya menyatu dalam wadah yang telah terorganisasi. Dalam tingkatan perguruan tinggi maka masjid kampus akhirnya telah menjadi basis perjuangan dakwah bagi para aktifis Islam kampus.

Tak puas dengan hal ini maka timbullah ide untuk membentuk jaringan dakwah kampus dengan wadah Forum Silaturahmi. Forum yang mempunyai sebuah tujuan yang sangat mulia yakni membangun jaringan dan kesatuan antar para aktifis dakwah di setiap kampus. Adanya latar belakang pemahaman terhadap strategi dakwah, yang diakibatkan oleh adanya ide yang berbeda, atau latar belakang dakwah dan pemahaman yang bersumber dari gerakan yang berbeda terkadang menimbulkan ketidak harmonisan. Ketidak percayaan kita terhadap niat tulus dari LDK lain terkadang mulai tumbuh di hati kita, kecurigaan terhadap niat baik rekan kita, ternyata terkadang membangun sekat antar LDK. Tak heranlah jikalau dalam even-even LDK terkadang sampai terjadi perdebatan yang seharusnya tidak dilakukan oleh para aktivis dakwah sesantun aktifis LDK ini.

Bagaimanapun ide-ide pemurnian aqidah, pengentasan Ummat dari ketertinggalan, pembangunan peradaban Islam, serta ide-ide khilafah adalah ide bersama gerakan dakwah, yang saya yakin juga merupakan ide para aktifis LDK. Ide-ide seputar persatuan ummat adalah ide yang sangat diutamakan oleh gerakan dakwah. Oleh karenanya segenap aktifis dakwah harus segera berbenah diri dengan mentazkiyah dirinya, untuk lebih menerima rekan dakwah kita yang lain. Amat naiflah jikalau kita sendiri ingin menjalin persatuan ummat secara internasional sedangkan kita para penyerunya tidak dapat memberikan bukti positif walaupun dengan lingkup sekecil FSLDK.

Sudahlah, kita lupakan masa lalu, jikalau masa lalu itu ternyata tidak memberikan kontribusi persatuan di kalangan kita. Sudahlah, mari kita lupakan persoalan mafahim dan khitah jika itu tidak bisa kita terima secara bersama-sama. Sudahlah, marilah kita kubur saja prosesi pembentukan KAMMI jika itu menyebabkan sebagian dari kita merasa ditelikung. Sudahlah, marilah kita lupakan sejarah masa lalu jikalau sejarah itu hanya akan mengingatkan hal lama yang menambah luka.

Sekarang marilah kita tatap masa depan, marilah kita berusaha bekerjasama dalam banyak hal yang telah kita sepakati, dan saling menghormati sesama saudara pada sedikit hal yang belum kita sepakati. Janganlah saling mengolok dan saling menyalahkan, karena memang Allah dan Rasul-Nya tidak mengajarkan yang demikian. Marilah kita buktikan pada dunia, bahwa para aktifis LDK adalah para pahlawan persatuan ummat yang akan memberikan tauladan bagi berseminya persatuan Ummat ini. Marilah dengan Bismillah kita awali semuanya dari F.S.L.D.K................

Afwan jika banyak kesalahan. Tulisan ini bersumber dari banyak cerita dan pengalaman serta sedikit buku yang telah saya baca. Saya berharap tulisan ini akan dapat menjadi perenungan bagi kita semua, bagi segenap aktifis dakwah kampus yang merindukan terbentuknya ummatan wahidah yang penuh dengan nilai-nilai persaudaraan dan kasih sayang. Saya titipkan FSLDK ini kepadamu. Karena mungkin kita sudah tidak bisa bertemu kembali di FSLDK selanjutnya.

Ditulis 25 Juli 2001 pukul 2.10 WIB tengah malam

Edy Santoso
achedy@yahoo.com
Mantan aktifis LDK dan FSLDK

39 komentar:

  1. assalamualikum...Wr.Wb
    salam taaruf akh...ane hamid ....hanya ada satu kalimat yang senantiasa dikumandangkan selain takbir,tahlil,tahmid,tasbih, ialah "selalu sinergi dan semangat jejaring....Allahuakbar"

    BalasHapus
  2. assalamualikum…Wr.Wb
    salam taaruf akh/ukh..ane ketua LDK baru. tapi rasanya berrraaat bgt 'n banyak PR & tuntutan
    mohon do'a restu dari semua ikhwah untuk kemajuan dakwah ALLAHUAKBAR
    wassalamualikum…Wr.Wb

    BalasHapus
  3. semoga kita tetap istiqamah dalam dakwah. istiqamah adalah nikmat yang hanya dapat dirasakan oleh orang-orang pilihan. dengan istiqamah, muncul keberanian. dengan keberanian, kita dapat terus merajut dakwah dan mempersiapkan yang terbaik untuk generasi penerus kita.
    Allahu Akbar!!!

    BalasHapus
  4. doakan kami ya akhi.....agar jalan dakwah ini tetap berjalan dengan lancar

    BalasHapus
  5. mari rapatkan barisan agar ukhuwwah ini terasa indah dan tidak kering karena panasnya nafsu dunia...
    bagi ikhwah yang tahu tentang informasi FSLDK tolong hub.ana karena ana butuh banget informasi tersebut..jazzakillaah

    BalasHapus
  6. assalamu'alaikum....
    "Luruskan niat"
    "mantapkan doa"
    sempurnakan ikhtiar"

    Allah lebih mencintai orang-orang yang mengegakkan kalimat Allah dalam barisan rapat dan teratur... Allahuakbar!!!

    BalasHapus
  7. selama bumi ini belum hancur dakwah tetap kita tegakkan.allahuakbar!!!
    tetap istiqomah ya....saudaraku

    BalasHapus
  8. SEMANGAT........ ALLAHU AKBAR...!!!!!
    TETAP BERJUANG...ALLAH MELIHAT PROSES BUKAN HASIL

    BalasHapus
  9. Agus Saifuddin Amin6 Jun 2007 15.00.00

    Assalamu'alaikum. wr.wb
    MARI KITA RAPATKAN BARISAN DAN PEGANG TEGUH ASHOLAH DA'WAH
    ALLAHU AKBAR!!!!!
    SUKSESKAN FSLDK KE 14 DI LAMPUNG IKHWAFILLAH

    BalasHapus
  10. assalamualaikum
    salam kenal akh Edy
    kalo kata pa anis matta, sudah bukan zamannya kita butuh orang kuat, tapi sekarang zamannya kita punya jaringan kuat.
    menebar jejaring, menggapai peluang, bersinergi, bersahabat...

    dhimas lazuardi noer
    085624388264
    kadept FSLDK Gamais ITB 0708

    BalasHapus
  11. dodi hidayatullah24 Des 2007 23.45.00

    asw.akh salm kenal dari ana.dakwah kampus adalah sarana yang ampuh utk menambah kader didalamnya.karena lingkungan pendidikan yang mampu membuat mereka bisa menerima secara baik karena mereka berfikir walupun dengan segala rintangan.tp dibandingkan dengan dakwah masyarakat umum.apalagi sekarang DPP mencanangkan untuk dakwah thulabiyah di tumbuhkan dan akan menjadi prioritas...
    salm dari
    Dodi Hidayatullah
    Kord.Syuro
    POliteknik Al Islam Bandung

    BalasHapus
  12. Assalamu'alaykum.Akhi..ana adlah korban penipuan berkedok dakwah nich.....pola pikir mereka sama seperti akh dodi Hidayatullah "dakwah kampus adalah sarana yang ampuh utk menambah kader didalamnya". katanya dakwah itu tidak menyeru kepada golongan, tapi kepada Allaah....(jadi seakan-akan adanya jama'ah adlah untuk memberikan warna pada setiap anggotanya). once upon a time...ana diskusi dengan kewanitaan DPD di suatu kota di Jawa Timur. katanya: dia merasa resah kalau ada parpol lain yang datang ke kampungnya, terus bagi-bagi kaos. kemudian ana tanya, kenapa koq resah?. jawabnya "ya..takut kaderqu diambil". dari diskusi itu ana punya analogi. "ketika kita membesarkan anak kita, dan akan melepasnya merantau, apa yang akan kita berikan padanya? bendera/alat nafigasi?". analogi ini berangkat dari hadist Rasulullah yang bunyinya kurang lebih:"aku tinggalkan kepada kalian 2 hal, yang jika kalian berpegang teguh padanya, kalian tidak akan tersesat selama-lamanya".jadi, yang dinilai Allaah, adalah upaya kita dalam berdakwah, bukan hasil....Akhi Dodi hidayatullah....karena Rasulullah pernah mendapati di syurga, ada nabi yang memiliki beberapa pengikut, ada juga yang didak punya pengikut. lalu apa menurut antum mereka gagal?Tidak ya Akhi...
    Katanya "syumuliyatul islam" tapi, kenapa prosentase materi yang diajarkan di liqo' kok 40%materi keislaman umum dan 60%materi politik?.bukannya nanti akan terjadi ketimpangan?tidak pernah di liqo' ana diajari ekonomi islam, kedokteran islam.
    Ternyata pola pikir yang dibangun seperti itu ya?
    Kenapa akh Dodi, menilainya dari tulabiyah ya?. ini taat, taqlid buta, atau faham sisi syar'i dan managerial dakwah ya?
    Akh edi santoso, tolong tulisan ini di Attach ke emailnya akh dodi ya...Plisss...ini, agar dia bisa lebih dewasa dalam memilih, memilah, dan melangkah....

    Allahu Ghoyatuna, Ar Rosuulu Qudwatuna, al jihadu sabiluna...
    "champions are made not born"

    BalasHapus
  13. Oh oya...yang akan membedakan Qita pada saat dibangkitkan nanti adalah niyat kita. so...sesekali qita revisi, refresh, dan luruskan niyat kita lagi....Mengaca pada syekh hasan Al-Banna lah...(wong, beliau lho..mengatakan, "tidak ada sesuatu yang baru dalam dakwah ikhwan". artinya tidak ada bid'ah yang dibuat-buat dalam dakwah ikhwan. so bisa juga dikatakan "dakwah pembaharuan yang syar'i")

    BalasHapus
  14. Приветствую всех!
    У меня такой вопрос,кто что интересное подскажет буду признателен.
    Мы с друзьями собираемся поехать в круиз по просторам России и ближнего зарубежья месяца на два на своих машинах,но не как не можем согласовать маршрут,если у кого уже был опыт такого путешествия,может,что посоветуете.Девчонок с собой не берем,думаем,что во все городах России с этим не будет проблем,если у кого будут рекомендации и в вопросе отдыха с девушками тоже буду признателен.

    С уважением Сеньчик

    BalasHapus
  15. assalamualaikum

    afwan mo minta tolong kesemua LDK politeknik .....
    saya mo minta kirim contoh AD?ART,GBHO mentoring ditempat antum.sebagai referensi kami dari LDK jazirah Politeknik Negeri Semarang untuk pembuatannya nya perangkat mentoring kami.
    maklum kami mentoring kami masih dalam proses pelegalan .....
    kami minta tolong dengan sangat
    syukron jazakumullahkhoiron katsir

    BalasHapus
  16. #HANA

    Untuk mentoring anda bisa menghubungi masjid.its.ac.id

    BalasHapus
  17. aslmkum
    akh ane baru mau ngebentuk ldk bisa kirim ane bahan untuk kaderisasi dan mentoring ane ucapin jazakillah

    prayono

    BalasHapus
  18. dodi hidayatullah7 Jul 2008 19.13.00

    afwan akh abudzar algifari, yang ana maksudkan adalah lebih kpd sebuah pembentukan kader dakwah bukan pada sebuah pemahaman yang parsial, kita ingin bahwa ummat ini termasuk mahasiswa yang nota bene mereka adalah sebagai para pelakon sebuah kebaikan jika memang mereka memiliki pemahaman keislaman yang syumul seperti yang diajarkan rosul...kita ingin mengajak kepada mereka bahawa mereka ummat ni lebih kami cintai dari diri kami, kami ingin agar ummat ini memiliki izzah islam dan kami rela jika diri kami harus dikorbankan utk mereka jika memang itu yang diperlukan utk kemulyaan mereka....insyaAllah tidak ada ajakan utk kpd sebuah hal yang parsial menurut pada sebuh glongan, jikalau pun ada sebuah wadah itu hanyalah sebuah wasilah dan mobil yang dipergunakan utk dakwah, kalaupun mobil itu tidak ada maka dakwah harus tetap berjalan karena niat kita utk Allah bukan utk mobil itu....

    BalasHapus
  19. wahyudi setiawan7 Agt 2008 22.43.00

    asw...salam ta'aruf... hanya ada satu kata bagi kita generasi dakwah yaitu Allhuakkbar..... salam juang moga kita senantiasa diberi kekuatan oleh Allah amin.....

    BalasHapus
  20. Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Salam kenal ikhwn wa akhwati fillah....semoga kita senantiasa berada dlm
    dien dan dakwahnya.....
    sebenarnya smpe kpn seh kt akan terus saling menyalahkan???kpn sih kt ni, antara harakah satu dan yg lainya saling berangkulan membangun sebuah peradan yg kta Imam Syahid menjadi Ustazitul 'alam...menjadi soko guru...sebenanya sy pun kadang2 meresa ada pergeserana nilai diantara ikhwa, ukhuwah diantara kt sdah mulai renggang, dimana lg Rukun 3 T yang sering dipelajaridlm liqoat kt?memang kt bukan komunitas para malaikat, tp jangan lupa bahwa kt sdh ditarbiyah jadi jng dijadikan alasan untuk bebuat hal-hal yg kurang baik...akhi/ ukhti, jlan kt msh panjang, baru 2x kali ikut pemilu belum sampe kt pada penguasaan negri ni, makanya nilai2 yg ada untuk senatiasa kt pupuk dan kita jg, unutk bs membangun bangunan dakwah ini....Allahu akbar !!! ana gtw mw kmana lg klw seandainya ketakutan2 slama ini terjadi sama kt..ALAKULLIHAL kt harus tetap yakin dengan manhaj dakwah kita, dan yakin dengan kebenaran islam yang dibawahnya...oleh karenya masukan diatas hanya untk kt sling interospeksi diri... ^_^.

    BalasHapus
  21. courtyard forever viagra on dollop while

    BalasHapus
  22. locality constantly viagra periodically fleetingly

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah, wacana seperti ini muncul ke permukaan. Semoga kaum Muslimin -- terutama di kampus2 -- kian erat mewujudkan persatuan tuk tegakkan dan terapkan kembali Syariah..

    BalasHapus
  24. imroatul azizah8 Nov 2008 15.49.00

    aslm...untul ADK yang dirahmati allah......bina akhlaqul kharimah...ukhuwah islamiah...u menggapai surga Allah...ALLAHUAKBAR.wsalm

    BalasHapus
  25. Hello. It is test.

    BalasHapus
  26. ada buku baru tentang dakwah kampus, menarik juga.judulnya paradigma baru dakwah kampus-strategi sukses mengelola dakwah kampus....lumayan memberi pencerahan bwt DK yang lg semmrawut

    BalasHapus
  27. Indra Alfaryanto24 Des 2008 17.08.00

    assalamualaikum, ane anggota LDK UKMI Borobudur, salam taaruf..

    BalasHapus
  28. Assalamu'alaikum ach edy...

    Pengalaman FS LDK sewaktu pembentukan KAMMI memang saya ga ikut. Namun akhirnya, sampai saat ini FS LDK tidak terlepas dari hambatan struktural yang diciptakan teman-2 KAMMI.

    Jikalau yang antum nyatakan di tulisan tersebut benar adanya, kenapa FS LDK tidak murni seperti pada awal terbentuknya ?

    Wallahu'alam...
    dims

    BalasHapus
  29. Assalamu'alaikum...
    sepertinya...Dakwah Kampus harus melihat sejarah berdirinya FSLDK.

    BalasHapus
  30. Salam Ukhuwah, Sesungguhnya Allah mencintai hambaNya yang berjihad di jalanNya. Mohon doa dari saudara seiman n seperjuangan dimanapun berada, Semoga di kampus Bung Hatta lahir para generasi yang tangguh dan istiqomah di jalan dakwah ini... ALLAHU AKBAR!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  31. assalamualaikum.wr.wb
    afwan,an mo nanya strategi kaderisasi ap yang cocok yang harus kami jalankan dengan background universitas yang sudah berlatar belakang islam,soalnya kami tidak bisa berkembang seperti universitas negri laennya?syukron

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum.wr.wb
    Salam Ukhuwah..afwan,ana keputrian LDF yang baru. ana mo minta tlg ukhtifilah semua untuk memberikan saran atau berbagi info tentang kegiatan keputrian yang sudah dilakukan di LDF atau LDK anti. Jazakillah

    BalasHapus
  33. Aslamlkm. Wr. Wb

    Subhannallah......

    Syukron Akh atas yang telah di kerjakan....

    Semoga akan muncul lebih banyak lagi orang-orang seperti antm....

    Allahu Akbar..........

    BalasHapus
  34. Semoga LDK bisa menjadi Lembaga Dakwah seperti yang ALLAH gambarkan dalam Surat Ash-Shaff ayat 4 “…Dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.”

    Dari Farid Rizkia
    Lembaga Dakwah Kampus FORMADA Universitas Al-Muslim Bireuen Aceh

    BalasHapus
  35. asslamu'alaikum wr.wb.
    akhi wa ukhti.........
    jgan lupa saudara yang ada di STKIP PGRI BLITAR.
    kami ingin memajukan LDK di kampus jadinya tolong untuk saling kordinasi.

    BalasHapus
  36. tolong kabari di
    fauz2gmail.com atau 085749093192

    BalasHapus
  37. fauz07@gmail.com

    BalasHapus
  38. assalamu'alaikum
    ingin berbagi pengalaman dengan ikhwah sekalian,
    agar ukhuwah tersambung dan terjaga..
    kami dari LDK STAIN Surakarta,
    salam taaruf,

    BalasHapus
  39. assalamu’alaikum wr. wb
    ukhuwah islamiyah....semoga silahturahmi kita selalu terjaga.
    kami dari ldk refah palembang

    BalasHapus

Artikel mungkin sudah tidak up to date, karena perkembangan jaman. Lihat tanggal posting sebelum berkomentar. Komentar pada artikel yg usianya diatas satu tahun tidak kami tanggapi lagi. Terimakasih :)